Rabu, 15 Maret 2017

Bapenda Gelar Training Komunikasi Efektif


GEMARIAU.COM, PEKANBARU— Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Pekanbaru gelar acara Inhouse Training dengan tema Komunikasi efektif bagi Pegawai Badan Pendapatan Daerah Kota Pekanbaru,diikuti oleh seluruh staff di Bidang Penagihan Pajak Daerah pada hari Sabtu (10/3) lalu di Kantor Bapenda. Acara tersebut dibuka langsung oleh Kepala Badan Pendapatan Daerah Kota Pekanbaru, Drs. H. Azharisman Rozie, M.Si.

Kepala Bidang Penagihan Pajak Daerah Bapenda Kota Pekanbaru  Hj. Dahliani, SE, M.Si menjelaskan bahwa untuk  kelancaran pelaksanaan  tugas dibidangnya menuntut  kemampuan berkomunikasi yang mumpuni, karena  pada  saat  melakukan  penagihan  pajak  akan   berhadapan dengan wajib pajak untuk ditagih piutang pajaknya, sehingga jika tidak dapat berkomunikasi dengan baik akan berpotensi untuk terjadi gesekan di lapangan. Menyadari akan hal itu Dahliani mengambil inisiatif untuk menggelar acara inhouse training ini bagi seluruh stafnya di Bidang Penagihan. “Kegiatan juga sengaja digelar dengan memanfaatkan hari libur pada Sabtu tanggal 11-3-2017 agar tidak mengganggu tugas-tugas rutin penagihan" sebutnya.

Dalam Kegiatan ini mengundang Nara sumber dari TIFA CONSULTING terdiri dari Drs. Machasin, M.Si dan Marhadi, SE, M.Sc dalam pemaparannya masing-masing mengusung sub tema yang berbeda, meliputi  Tips komunikasi efektif dan komunikasi dengan senyum ;  Etika dalam komunikasi ; Komunikasi dalam penugasan ;  Komunikasi di tempat kerja dan komunikasi lintas budaya, lengkap  dengan  praktek dan simulasi berhadapan dengan wajib pajak di lapangan.

Sementara itu, Kepala Badan Pendapatan Daerah Kota Pekanbaru Drs. H. Azharisman Rozie, M.Si dalam sambutannya menyambut baik kegiatan yang ditaja Bidang Penagihan Pajak Daerah. “Kegiatan inhouse training  sangat diperlukan dan bermanfaat dalam menunjang tugas-tugas bidang penagihan kedepan.  Hal ini  juga merupakan implementasi dari sukses Catur Cita ketiga, yakni Pembinaan dan Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia”.Ujarnya.

Haris berharap Kepala Bidang yang lain dapat mengadakan kegiatan serupa di bidangnya agar memiliki staf yang menguasai bidang tupoksinya. “Bidang Penagihan merupakan benteng terakhir di Badan Pendapatan Daerah setelah diawali oleh Bidang Pendataan.  Apalagi sekarang bidang Penagihan sudah punya Juru Sita yang telah dilantik beberapa waktu yang lalu. Dalam pengamatan saya sejak keberadaan juru sita ada peningkatan trend pembayaran pajak dari wajib pajak”  Ungkap Haris Rozie.

Selanjutnya ia mengingatkan jajarannya untuk selalu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, karena sejatinya tujuan pemerintahan adalah bagaimana mensejahterakan masyarakat. “Indikator masyarakat sejahtera itu antara lain adalah tersedianya pelayanan yang baik kepada masyarakat dan mempunyai akses yang sama untuk mendapatkan pelayanan” Tutup Haris. (Humas).

0 komentar

Posting Komentar